Bore Pile adalah salah satu jenis pondasi dari beberapa pondasi dalam lainya

Aspek teknologi sangat berperan dalam suatu proyek konstruksi. Umumnya, aplikasi teknologi banyak diterapkan dalam metode pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Penggunaan metode yang tepat, praktis, cepat dan aman, sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan pada suatu proyek konstruksi. Sehingga target waktu, biaya dan mutu sebagaimana ditetapkan dapat tercapai.

Kekuatan struktur bangunan yang berdiri tidak lepas dari kekuatan dari sebuah pondasi yang baik dan mampu menyangga beban yang terletak diatasnya. Tanpa adanya pondasi yang kuat dan kokoh struktur bangunan yang mempunyai berat cukup besar  maka bangunan akan mengalami penurunan dan mengakibatkan keretakan pada kolom dan bagian lainya. Pondasi dalam jenis bore pile adalah jenis lain dari beton bertulang yang difungsikan untuk mendukung bangunan tinggi dan memiliki beban vertikal yang berat.

Pondasi bore pile terletak dibagian paling bawah pada sebuah bangunan dan berguna untuk meneruskan beban kolom-kolom bangunan secara keseluruhan melalui pile cap yang diteruskan dengan pondasi bore pile sampai lapisan tanah yang dianggap keras dilapisan kedalaman tertentu. Dalam pembuatan pondasi harus di perhitungkan terlebih dahulu dengan melakukan rekayasa pondasi. Ukuran dan kedalaman pondasi yang ditentukan dari daya dukung diizinkan. Bore pile alat minicrane adalah salah satu pondasi dalam yang di produksi di tempat dan sebagai pengganti pondasi dalam lainya yang waktu pengerjaan tidak memungkinkan menggunakan alat berat




Jenis pondasi dalam dengan metode bor pile digunakan pada setiap melakukan pembangunan sebagai tahap awal pekerjaan proyek gedung bertingkat ketika lahan pembangunan berada di tengah permukiman warga atau area sempit dan sulit.

Berikut adalah langkah kerja cara proses pemasangan pondasi dalam jenis bore pile memakai alat bor minicrane atau mesin gawang.
  • Penentuan titik pondasi bore pile,cara yang sederhana adalah memasang bowplank terlebih dahulu supaya lebih mudah dalam pengukuran letak titik bor pile yang akan di pasang.
  • Pembersihan pondasi lama yang berada pada titik bor pile, karena dalam pengeboran yang di lakukan adalah tanah bukan batuan atau urug tanah campur puing dan harus digali terlebih dahulu.
  • Pembuatan bak sirkulasi air kerja untuk pengeboran dan letak harus di sesuaikan supaya tidak berada pada titik bor yang akan di kerjakan.
  • Seting alat bor pile,karana pada saat mobilisasi alat berupa bongkaran supaya ringkas dan mudah di tata di dalam truk pengangkut dan alat bor mini crane harus di seting kemudian memindahkan alat atau geser alat dan di letakan pada titik yang akan di kerjakan.
  • Melakukan pengeboran di tanah dengan metode bor basah karena menggunakan bak sirkulasi air yang telah di kerjakan.
  • Pengeboran selesai kemudian perakitan besi tulangan bore pile sesuai gambar yang telah di sediakan dan besi yang telah jadi rakitan di masukan kedalam lubang bor.
  • Pemasangan pipa tremi sepanjang lubang bor pile dan harus sampai dasar lubang sebagai penghantar beton untuk sampai ke dasar lubang.
  • Pengecoran harus menggunakan slump beton 18+-2cm supaya maksimal mengisi lubang dari dasar pengeboran. Pengecoran dengan cara beton di tuang pada corong pipa tremi yang sudah terpasang, untuk mendapatkan kualitas beton yang baik maka proses pengecoran di lakukan secara continew sampai lubang terisi penuh beton yang tidak tercampur lumpur. 

Itulah cara pemasangan pondasi dalam metode bore pile sesuai proses kerja dengan sistem bor basah atau wash boring untuk mendapatkan kualitas pondasi yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bore Pile adalah salah satu jenis pondasi dari beberapa pondasi dalam lainya"

Posting Komentar